Senin, 09 Juli 2012

CONTIGENCY CONTRACTING



§  Pengertian
Ialah suatu rencana untuk mendapatkan perubahan, kontrak merupakan strategi yang menyangkut masalah sebelumnya atas konsekuensi internal dan eksternal yang akan mengikuti pelaksanaan perbuatan yang diinginkan atau yang tidak diinginkan. Kontrak seperti ini bisa menolong konseli untuk tetap memiliki komitmen dalam hal melakukan rencana perbuatan. (Corey, 1995, p.433)
 §  Tujuan
Untuk merubah perilaku konseli yang maladaptive menjadi adaptive, dan mengatur kondisi konseli sehingga bisa menampilkan tingkah laku yang diinginkan berdasarkan kontrak yang telah dibuat antara konseli dan konselor. §  Langkah-langkah kontrak :
1.     Konselor dan konseli mengidentifikasikan masalah untuk dipecahkan.
2.   Konselor mengumpulkan data untuk menguji frekuensi baseline untuk menurunkan perilaku konseli.
3.      Konselor dan konseli harus saling dapat menerima tujuan.
4. Konselor merencanakan bahwa identifikasi perilaku konseli dan jumlah waktu konseli untuk memperoleh penghargaan kepada konseli.
5.      Konselor merencanakan evaluasi untuk menunjukkan langkah perubahan perilaku konseli.
6.    Jika perencanaan tidak efektif, maka konselor mengulang langkah ke 4. Jika teknik berkembang efektif, konselor mengembangkan perencanaan pemeliharaan untuk memelihara perilaku baru konseli.
(Thompson, et.al., p.243) §  Analisa ABC
A    : Sering bermain games online hingga larut malam.B     : Terlambat bangun pagi, dalam 1 minggu bisa 3x terlambat.C     : Terlambat masuk sekolah 30 menit, sehingga tidak bisa mengikuti mata pelajaran             yang sedang berlangsung. §  Contoh Jadwal Tingkah Laku



Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Jumlah


Tidak
terlambat


Minggu 1

ü   





ü   



     2
Minggu 2



ü   

ü   

ü   


    3
Minggu 3

ü   


ü   

ü   

ü   

    4
Minggu 4

ü   

ü   

ü   

ü   

ü   

    5
Jumlah

  
   14
 §  Contoh Kontrak
 
Tingkah laku yang bermasalah
Terlambat bangun pagi, sehingga terlambat untuk datang ke sekolah, terlambat hingga 30 menit.
Tingkah laku yang diinginkan
Tidak tidur larut malam, agar bisa bangun lebih pagi, sehingga tidak terlambat untuk datang ke sekolah.
Sangsi
Membersihkan kamar mandi wanita, membersihkan ruangan kelas selama tiga hari berturut-turut, jika konseli terlambat tanpa keterangan sebanyak tiga kali.
Hadiah 
Apabila konseli bisa merubah tingkah laku yang bermasalah menjadi tingkah laku yang diinginkan, maka konselor memberi kesempatan kepada konseli untuk bermain games online pada saat liburan.

Tanda tangan
Siswa : 
Guru  : 
Pihak lain yang terlibat : Orang tua
 Sumber :Corey G. 1995. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Semarang : IKIP Semarang Press.Thompson, Charles L, et.al. Counseling Children Sixth Edition.
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar